Translate

ALQURAN

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Sabtu, 24 Maret 2012

KUMPULAN SOFTWARE FISIKA



Belajar fisika dengan alat bantu software fisika akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak sekaligus menambah kecintaan anak terhadap pelajaran yang kerap kali dianggap susah dipahami. Apalagi jika sudah berhadapan dengan rumus-rumus serta teori-teori yang tidak mudah dihapalkan.
Berikut ini ada sejumlah software fisika yang dapat Anda sharing kepada anak.
Software yang pertama adalah Converter Satuan. Ini adalah salah satu software ringan, tapi memiliki beragam manfaat. Bagaimana tidak, fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang berkaitan dengan satuan.
Dalam software ini terdapat sejumlah satuan yang tertulis dalam bahasa Inggris, antara lain Speed, Temperatur, Time, Torque, Volume, Volume-Dry, Acceleration, Computer, Custom, dan masih ada beberapa lainnya. Pada dasarnya satuan hanya perlu untuk dipahami sepenuhnya sehingga secara otomatis pun terekam dalam otak.
Software yang kedua adalah gabungan sejumlah teori yang membahas beberapa hal di antaranya gravitasi, relativitas, vektor, dan lensa. Anda bisa mengunduhnya melalui situs free.ceressoft.org. Tinggal Anda pilih mana yang ingin Anda perdalam. Contoh-contoh yang diberikan pun disajikan secara interaktif sehingga mempermudah dalam pemahaman.
Software yang ketiga adalah Virtual Laboratory. Program ini bisa Anda dapatkan di www.virtlab.com. Berfungsi sebagai panduan praktikum di laboratorium agar aktivitas menjadi lebih menyenangkan. Dengan disertai gambar-gambar sekaligus penjelasan, materi-materi yang akan diuji pun terasa lebih menyenangkan. Pengguna software ini tinggal memilih kategori Teacher atau Student.
Software yang keempat Atomic and Plasma Physics. Software ini menyediakan materi pelajaran fisika SMU tingkat akhir, berhubungan dengan Radiasi, Atom, Radioaktivitas, Relativitas, dan sebagainya.
Ada dua keuntungan dari menggunakan software ini maupun dengan yang lainnya. Selain menjadi pandai menghadapi masalah-masalah dalam teori fisika, kemahiran berbahasa Inggris akan terasah dengan sendirinya. Hm, menyenangkan bukan?
Software yang kelima berhubungan dengan teori-teori astronomi. Ini merupakan pembahasan yang menarik bagi siswa yang senang dengan perbintangan. Anda bisa langsung mengunduh versi terbarunya di www.cybersky.com.
Versi 4 merupakan yang terkini dan bisa Anda unduh dengan ukuran file hanya 3,3 MB saja. Materi yang disediakan dalam software ini setara dengan materi pelajaran fisika kelas 1 SMU, pembahasan ada di seputar teori tata surya. Berbeda lagi jika Anda menggunakan program Stellarium.
Secara singkat, Stellarium merupakan open source yang membahas tentang planetarium dengan format 3D sehingga tentunya menarik minat pada siswa. Dengan kecanggihan ini, Anda seolah melihat tata surya dengan menggunakan teleskop. Untuk mengunduh program ini silakan kunjungi stellarium.org.
Program yang tidak jauh berbeda dengan Stellarium adalah Starrynight (lihat di starrynighteducation.com). fitur-fitur yang dihadirkan pada program ini memiliki kebaruan yang tentunya semakin membuka cakrawala Anda seputar perbintangan. Materi yang disediakan mulai dari tingkat SD hingga SMU kelas 3. 

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan menggunakan bahasa yang sopan. Mohon untuk tidak mengirimkan spam. Terima Kasih

Alexa

HISTATS

Flag Counter

free counters